面白ハッシュタグ案内所

おさるさんが時間をお知らせ

Kamis, 23 Maret 2017

Diet Sehat Ala Anak Kost - Diet Mudah, Murah, Menyehatkan

Diet Sehat Ala Anak Kost - Diet Mudah, Murah, Menyehatkan

Masih ingat waktu masih kost dulu, masalah mimimnya uang saku untuk konsumsi terkadang menjadi kendala untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan menjalankan pola hidup sehat.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh anak kost jika menginginkan pola hidup yang sehat. Karena ini penting untuk masa depan terutama untuk menyiapka diri menghadapi dunia kerja, kesehatan sangat penting untuk diperhatikan. Berikut tips yang saya dapat dari http://fitnessorganik.com/hidup-sehat/cara-diet-sehat-murah-gaya-anak-kost

Yang Pertama Memilih Makanan. Kita boleh mekan apa saja dan dimana saja tetapi harus tetap dilihat dahulu isi kantong kita. esensi dari diet sebenarnya hanya membagi jadwal dan porsi makan kita menjadi lebih teratur. Cara diet sehat gaya anak kost yang paling mudah adalah tentukan pilihan makanan apa yang hendak kita santap. Pastikan makanan tersebut higienis, bahan bakunya masih segar dan lauk pauk yang bervariasi.

Yang Kedua adalah mengatur porsi makan.
Biasanya waktu-waktu tertentu ada yang baik hati memberikan makanan kepada kita, atau ada warung yang boleh mengambil sendiri nasinya dan harga hanya dihitung lauknya. Janganlah terlalu banyak mengkonsumsi nasi, perlu diketahui bahwa ukuran lambung yang kita miliki hanya sebesar kira-kira sekepalan tangan orang dewasa, bayangkan saja dengan media yang hanya sebesar kepalan tangan ini harus diisi dengan makanan yang sangat banyak. Baiknya kita permudah cara menakarnya, seperti jumlah nasi (karbohidrat) dikira-kira saja hanya sebesar kepalan tangan anda tidak lebih.

Yang Ketiga Mengatur Waktu Makannya.
Kadang jadwal kuliah yang tidak menentu atau kegiatan yang agak padat melupakan waktu makan. Atau mumpung ada lauk kesukaan kita tergoda untuk mampir.
Setiap saat makan berarti kita memaksa lambung dan usus kita bekerja terus menerus tanpa mengijinkan tubuh menyerap saripati makanan menjadi energi. Kita bisa mengatur waktu makan kita menjadi 3 kali (Pagi, Siang dan Sore).

Yang Ke Empat Kurangi Kadar Garamnya, Apa maksudnya? kan kita beli makanan matang.. nah ini pengalaman pribadi..hehehe.. kadar garam yang tinggi bisa mengikat unsur air dalam tubuh kita, maka dulu saat jaman saya kuliah saat makan tempe, tahu bacem atau apapun yang bumbunya berlebihan.. saya selalu memesan 1 mangkok berisi air panas untuk merendam berbagai makanan yang saya pesan yang mengandung unsur garam dan MSG yang tinggi. memang kenikmatannya akan berkurang, tapi saya lebih memilih sehat ketimbang liver saya dikorbankan untuk menyaring beragam unsur pangan yang kurang bermanfaat bagi tubuh.

Yang ke Lima Minum Banyak Air Putih (mineral), Berapa banyak? setidaknya sehari kita minum 8 gelas. Gunanya untuk membantu melarutkan, memperlancar sisa makanan diusus dan mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktifitas.

Yang Keenam Kurangi Minuman Manis, Duh kok repot ya? sama sekali tidak.. bener deh, ini akan sebanding dengan hasil yang akan kita dapatkan seperti terhindar dari masalah obesitas.
Kudapan Sehat (cemilan), Emangnya boleh ngemil? Ya boleh.. bahkan harus.. Ritual ngemil ini bisa disisipkan disaat selang waktu makan besar. Misalkan kita sarapan pagi jam 07.00 dan makan siang jam 12.00 berarti sekitar jam 10.00 kita bisa ngemil. tapi tentunya cari cemilan yang sehat seperti Protein (soy) bar atau buah segar.
Olahraga Secukupnya, Lho cara diet sehat murah gaya anak kost kok malah nyuruh olahraga sih? Ya iya dong.. kegiatan f isik itu perlu untuk membakar kelebihan kalori ditubuh.Maka dari dari itu olahraga secukupnya saja agar asupan gizi penghasil kalori tidak sampai defisit ditubuh. Get balance ya.. antara makan dan aktifitas geraknya.

Tentunya semua point penting diatas akan mudah dijalankan dan membuahkan hasil yang optimal maka diperlukan kunci sukses penunjang program dietnya.

Motivasi, Jika anda ingin kurus/ langsing dengan tubuh ideal maka ini bisa dijadikan acuan dan penyemangat untuk tetap konsisten pada aturan yang anda buat sendiri
Disiplin, Ingatlah masa-masa kita saat masih dibangku sekolah tingkat dasar hingga menengah, bangun pagi dan waktu istirahat tidur anda begitu teratur. Bahkan Seminggu sekali kita diberi pelajaran olahraga dan senam kesegaran jamani, lihatlah betapa sehatnya anda karena disiplin hidup yang walau dipaksakan tetapi berefek baik bagi tubuh kita. Sekarang dibangku kuliah baiknya anda menciptakan disiplin yang anda buat dan terapkan sendiri. Sikap ini nantinya akan terbawa hingga anda bekerja kelak.

Cara Diet Sehat Murah Gaya Anak Kost – Contoh Pilihan Menu Harian

Berikut menu makanan yang mudah dan murah untuk dipilih mendampingi simple diet anda, makanan-makanan ini bisa kita jumpai dengan mudah dikantin prasmanan sekitar kampus:

Sarapan pagi (06.00-08.00): Nasi kuning + telur pindang +air mineral
Snack time (09.00-10.00): 1 porsi pisang bakar/ buah segar iris
Makan Siang (12.00): 1 porsi sedang nasi + ayam bakar + urap sayur + air mineral
Snack time (15.00): 1 buah Apel segar/ protein soy bar
Makan malam (18.00): 1 porsi sedang nasi + pepes jamur/tahu + oseng kangkung + air mineral

Semua acuan cara diet sehat murah gaya anak kost diatas bisa anda modifikasi sendiri sesuai selera dan keadaan disekitar ruang lingkup kampus. Tulian ini dibuat untuk menjawab banyak pertanyaan melalui E-mail saya untuk membantu teman-teman mahasiswa/mahasiswi dalam mengatur pola makan. Tetap sehat, Tetap semangat dan raih prestasi gemilang dengan hidup sehat gaya anak kost..

0 komentar:

Posting Komentar

DIET SEHAT TANPA OBAT Blogger Template by Ipietoon Blogger Template